Telaah Buku Teks SMA



Teks Home
Untuk Memenuhi Mata Kuliah Telaah Buku Teks SMa
Menelaah Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan



Dosen Pengampu
Meilan Arsanti M.Pd.


Nama : Fitriana Rahmawati
Nim : 34101300111



PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG
2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah melimpahkan hidayah dan karunia-Nya sehingga makalah telaah buku teks SMA yang telah dibuati ini dapat terselesaikan. Makalah ini disusun sebagai tugas mandiri mata kuliah telaah buku teks SMA Namun, penulis menyadari makalah ini tidak dapat tersusun  dan terselesaikan dengan baik dan sempurna tanpa  adanya bantuan dari berbagai pihak, Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Meilan Arsanti. M. Pd Selaku dosen pada Mata Kuliah Telaah Buku Teks SMA.
2.      Teman-teman PBSI semester lima
Saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan untuk perbaikan makalah ini karena penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Semoga makalah ini memberi manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.



Semarang ,1 Januari 2016


Penulis


Daftar Isi
Halaman Sampul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................... ii
Daftar Isi......................................................................................................................... iii
Bab I. Pendahuluan........................................................................................................ 1
Bab 2. Landasan Teoritis................................................................................................ 3
Bab 3. Pembahasan......................................................................................................... 4
Analisis Identitas Buku.................................................................................................. 4
Kelayakan Isi.................................................................................................................. 5
Kelayakan Bahasa........................................................................................................... 9
Kelayakan Penyajian....................................................................................................... 11
Kelayakan Kegrafikaan.................................................................................................. 13
Bab 4. Penutup............................................................................................................... 18
Daftar Pustaka................................................................................................................ 19
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks dapat menjadi  pegangan guru dan siswa yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku suplemen/tambahan. Di dalam kegiatan belajar, siswa tak sebatas mencermati apa-apa saja yang diterangkan oleh guru. Siswa membutuhkan referensi atau acuan untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa lebih luas sehingga kemampuannya dapat lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku teks tersebut, siswa dituntun untuk berlatih, berpraktik, atau mencobakan teori-teori yang sudah dipelajari dari buku tersebut. Oleh karena itu, guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya
Buku teks memiliki keterkaitan dengan proses pembelajaran. Sehingga, setiap guru dan lebih-lebih calon guru hendaknya membekali dirinya dengan pengetahuan tentang telaah buku teks. guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya. Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku ajar ini sudah sesuai atau belum. Nilai buku teks bergantung pada bobotnya, juga pada misi, dan juga fungsinya.
Buku teks mempunyai banyak fungsi dalam pembelajaran, baik bagi guru yang mengajar maupun bagi siswa. Buku teks mempunyai kualitas yang berbeda antara buku teksa satu dengan buku teks yang lain, di antaranya ada buku teks yang mempunyai kualitas tinggi dan sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih dan menentukan mana buku yang mempunyai kualitas tinggi dan mana yang tidak mempunyai kualitas. Kualitas buku teks dapat dilihat dari sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat siswa, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, buku teks harus dimengerti oleh siswa, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, serta memantapkan nilai-nilai.


Rumusan Masalah
Dari rumusan yang disampaikan dalam latar belakang diatas ,dapat dirumuskan beberapa permasalahan
1.      Apa identitas pada buku teks SMA ?
2.      Apa yang dimaksud  Kelayakan isi ?
3.      Apa yang dimaksud Kelayakan bahasa ?
4.      Apa yang dimaksud Kelayakan penyajian ?
5.      Apa yangdimaksud Kelayakan kegrafikaan ?
Tujuan
Dari latar belakang dan rumusan masalah yang disampaikan diatas, ada beberapa yang ingin dicapai penulis :
1.      Untuk mengetahui identitas buku teks SMA.
2.      Untuk mengetahui kelayakan isi pada buku teks SMA
3.      Untuk mengetahui kelayakan bahasa pada buku teks SMA
4.      Untuk mengetahui kelayakan penyajian pada buku teks SMA
5.      Untuk mengetahui kelayakan kegrafikan pada buku teks SMA


BAB II
LANDASAN TEORITIS

Menurut Hall-Quest, 1915 (dalam Tarigan, 1986:11) Buku teks adalah rekaman susunan rasial yang disusun unruk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional. Dan terdapat pengertian lain dari para ahli yaitu Buku teks adalah rekaman pikiran rasial yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional (HallQuest, 1918)[ dalam Tarigan, (ed. rev) 2009]. Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khususstudi dan dapat terdiri atas dua tipe, yaitu buku pokok/ utama dan suplemen/tambahan (Lange, 1940)[dalam Tarigan, (ed. rev) 2009]

Buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan dikelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh pakar/ para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengansarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi (Bacon,1935) [dalam Tarigan, (ed. rev) 2009]. Dan buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolahdan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu programpengajaran dalam pengertian modern dan yang umumdipahami (Buckingham, 1958) [dalam Tarigan, (ed. rev) 2009]

Menurut Tarigan & Tarigan, 2010 Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standart, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran yang disusun oleh para pakar dalam bidangnya yang bertujuan sebagai pedoman peserta didik dan pengajar.


BAB III
PEMBAHASAN
Telaah Buku Teks Sma Kelas X
A.    Analisis Identitas Buku
a.    Judul Buku                           Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
b.    Penulis/ pengarang               Tim Edukatif
                                                    Maryanto,
                                                    Anik Muslikah,
                                                    Nur Hayati, dan
                                                    Elvi Suzanti
c.    Editor                                   M. Rapi Tang dan Rustono
d.   Desain Sampul                     
e.    Percetakan                            Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud
f.     Penerbit                               Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
g.    Tahun terbit                          2014
h.    Tempat terbit                        Jakarta
i.      Tebal buku                          xii + 236 halaman
j.      Ditujukan untuk                  SMA kelas X
Dalam buku teks yang saya telaah Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X satu buku untuk dua semester, yaitu:
-       Semester 1, yang terdiri atas 6 bab
-       Semester 2, yang terdiri atas 6 bab
Selanjutnya standar kelayakan yang digunakan untuk menelaah buku teks tersebut, diantaranya:
1.    Kelayakan isi
2.    Kelayakan bahasa
3.    Kelayakan penyajian
4.    Kelayakan kegrafikaan





B.     KELAYAKAN ISI
1.      KELENGKAPAN MATERI
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang sudah ditelaah.
Di dalam buku teks tersebut tidak memaparkan 4 aspek seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara berbeda dengan buku teks kurikulum KTSP memaparkan 4 aspek tersebut. Tidak adanya 4 aspek tersebut pengajar harus pintar pintar menyesuaikan dan memilah mana yang termasuk dalam aspek menulis, mendengarkan, berbicara dan membaca.
2.      KEAKURATAN MATERI
Dalam buku yang saya telaah Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X  keakuratan materi meliputi kriteria:
a)    Keakuratan konsep dan definisi
Konsep dan teori yang disajikan untuk mencapai KI sesuai dengan definisi yang berlaku dalam bidang ilmu bahasa (linguistik) dan ilmu sastra, digunakan secara tepat sesuai dengan fenomena yang dibahas, dan tidak menimbulkan banyak tafsir.
b)      Keakuratan fakta dan data
Keakuratan fakta dan data sudah sesuai dengan pemahaman peserta didik
c)    Keakuratan contoh dan kasus
      Contoh dan kasus yang efisien untuk meningkatkan pemahaman peserta didik yang terselip dalam contoh teks “ Makhluk di muka bumi ini” mengandung nilai-nilai moral. Terdapat pada halaman 5
d)   Keakuratan gambar, diagram, dan ilustrasi
Gambar, diagram, dan ilustrasi yang disajikan sesuai dengan kenyataan dan efisien untuk meningkatkan pemahaman peseta didik.
e)      Keakuratan istilah
Istilah-istilah teknis sesuai dengan kelaziman yang berlaku di bidang bahasa dan sastra Indonesia. Dalam buku tersebut terdapat istilah yang susah dimengerti peserta didik yang dirangkum dalam karbon disertai maknanya (halaman 5), Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris (halaman 72) dan anekdot hukum peradilan (halaman 107)
f)       Keakuratan acuan pustaka
Pustaka disajikan misalnya artikel dari beberapa sumber kumpulan kompas, koran tempo, sinar harapan, wirausaha dan keuangan, dan kompasiana.

3.      KEMUTAKHIRAN MATERI
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X  yang saya telaah, kemutakhiran materi meliputi kriteria:
a)      Kesesuaian materi dengan perkembangan bahasa dan sastra
Materi yang disajikan aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia. Misalnya  Membuat Teks Prosedur “Pengurusan KTP” (halaman 55)
b)     Gambar, diagram dan ilustrasi aktual
Gambar, diagram dan ilustrasi diutamakan yang aktual, namun juga dilengkapi penjelasan/ perbandingan.misalnya pada diagram Klasifikasi Benda (halaman 8), Hieraki Benda Hidup (halaman 9), Sistem Peredaran Darah Manusia (halaman 14) dan Prosedur Penyelesaian Perkara Pelanggaran Berlalu Lintas (halaman 47) .
c)      Contoh dan kasus aktual
Contoh dan kasus aktual yaitu sesuai dengan perkembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia.
d)     Menggunakan contoh dan kasus di Indonesia
Contoh dan kasus yang disajikan sesuai dengan situasi serta kondisi di Indonesia.
Misalnya kasus Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Ditilang? Halaman 39, Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris (halaman 74), Keunggulan Ekonomi Indonesia Pada Tahun 2030 (halaman 79), Integrasi Asean Dalam Plurilingualisme (halaman 84), dan Untung Rugi Perdagangan Bebas (halaman 87).
e)      Kemutakhiran pustaka
Pustaka dipilih yang mutakhir, namun tidak menutup kemungkinan dalam buku ini juga masih menggunakan referensi lama, misalnya Buku Pragmatik dan Pengajaran Bahasa dengan penulis Bambang Kaswanti Purwo yang diterbitkan tahun 1984.
4.      MENDORONG KEINGINTAHUAN
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, kriteria materi mendorong keingintahuan mempunyai maksud:
a)      Mendorong rasa ingin tahu
            Uraian, latihan atau contoh-contoh kasus yang disajikan mendorong peserta didik untuk mengerjakannya lebih jauh dan menumbuhkan kreativitas.
b)     Mendorong keinginan untuk mencari informasi lebih jauh
       Terdapat beberapa wacana yang dapat mendorong keinginan peserta didik untuk mencari informasi lebih jauh. Contoh: cara mengurus SIM (Halaman 51) dan pengurusan KTP (halaman 55) dan Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris (halaman 74).
5.      PRAKTIKUM DAN KEWIRAUSAHAAN
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X  yang saya telaah,
a)      Menumbuhkan semangat kewirausahaan
Latihan atau contoh-contoh yang disajikan memotivasi peserta didik untuk bekerja keras sehingga menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai guna.
Contoh: Memahami dialog negosiasi penjual dan pembeli (halaman 133) dan bernegosiasi melalui surat penawaran (halaman 144)
b)     Menumbuhkan daya saing
     Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih.
     Contoh:  Membaca Teks “Ekspor Kain Sarung ke Negeri Yaman” (halaman 138) dan Bernegosiasi untuk Memecahkan Konflik (halaman 146)
            Secara garis besar materi yang disajikan dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X sudah sesuai dengan kriteria kualitas buku teks yang baik menurut Henry Guntur Tarigan dalam buku “Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia”, yaitu:
·      Sudut pandang (point of view)
Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X mempunyai sudut pandang yang jelas, dalam hal materi sudah disajikan dengan konsep yang baik. Pemaparan teori, evaluasi, dan bahasa yang digunakan sudah jelas.
·      Kejelasan konsep
     Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X konsep yang digunakan sudah jelas. Pengenalan konsep sampai dengan interaksi antarkonsep sudah memperhatikan tuntutan KI dan KD. tingkat kesulitan wacana sudah disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Konsep yang disajikan memudahkan siswa memahami materi, diantaranya memahami pengertian dan juga disajikan evaluasi.
·      Relevan dengan kurikulum
Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah wacana yang disajikan belum mengacu pada ruang lingkup yang ada dalam standar isi (4 keterampilan berbahasa) diantaranya:
-       Aspek Mendengarkan        
-       Aspek Menulis
-       Aspek Membaca
-       Aspek Berbicara    
·      Menarik minat
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah materinya sudah cukup untuk menarik minat siswa. Uraian materi yang disajikan sesuai dengan kenyataan yang ada dengan menyebutkan sumber yang jelas dan sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik. Penyebab hewan punah (halaman 157) dan program ekselerasi sangat diperlukan (halaman 159)
·      Menumbuhkan motivasi
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah materinya sudah menumbuhkan motivasi siswa yaitu untuk mengerjakan apa yang diinstruksikan dalam buku teks tersebut. Misalnya Program Ekselerasi Sangat Diperlukan (halaman 159)
·      Menstimulasi aktivitas siswa
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah materi dalam hal pemilihan bentuk, kesesuaian, dan variasi wacana sudah dapat menstimulasi aktivitas siswa. Faktor metode sangat menentukan stimulasi aktivitas siswa, dalam buku teks tersebut materi dapat disampaikan dengan metode: ceramah, latihan, penugasan, kerja kelompok, dan diskusi.
·      Ilustratif
Ilustrasi yang disajikan dalam buku teks tersebut menarik dan ilustrasinya cocok (memberi daya tarik dan memperjelas isi buku).
·      Komunikatif
artinya buku teks tesebut mudah dipahami oleh pemakainya dalam hal ini adalah siswa.
·      Penunjang mata pelajaran lain
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah materi disamping menunjang mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menunjang mata pelajaran lain misalnya Ilmu Pengetahuan Alam (halaman 20) dan Pendidikan Kewarganegaraan mengenai wacana sosial (halaman 72) dan mengenai keadaan keadaan sosial dan politik (halaman 81).
·      Menghargai perbedaan individu
Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah materi sudah menghargai perbedaan individu, tercermin pada wacana bernegosiasi antara penjual dan pembeli (halaman 133)
·      Memantapkan nilai-nilai
Materi yang disajikan dalam buku teks tersebut mengandung keunggulan nilai-nilai moral seperti: keteladanan, kedisiplinan pada wacana teks prosedur tentang tilang (halaman 36) kejujuran, tanggungjawab pada kutipan paragraf narasi “makhluk di bumi ini ” (halaman 4); dan toleransi “bernegosiasi penjual dengan pembeli ” (halaman 133).


C.     KELAYAKAN PENYAJIAN
1.      TEKNIK PENYAJIAN
              Dalam buku, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X  teknik penyajian yang kami telaah meliputi:
a)      Konsistensi sistematika penyajian
Sistematika penyajian sudah runtut dan baik jadi tidak ada yang perlu diperbaiki.
b)     Keruntutan konsep
Uraian, latihan, contoh dalam hal materi kebahasaan dan kesastraan yang disajikan memiliki hubungan satu dengan yang lain.
c)      Keseimbangan antarbab
Keseimbangan antarbab sudah sesuai dengan KI dan KD dan materi, contoh teks dan latihan sudah sesuai.
2.      PENDUKUNG PENYAJIAN
a)      Bagian pendahulu
              Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, bagian pendahulu terdiri atas:
1)      Kata Pengantar: informasi yang mengantarkan pembaca untuk mengetahui tujuan penulis buku, ucapan terima kasih, dan harapan (halaman iii).
2)      Daftar isi: daftar yang memuat informasi yang memudahkan peserta didik untuk mencari dan menemukan bab, subbab, serta topiknya (halaman xi).
b)     Bagian isi
              Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, bagian isi terdiri atas:
1)      Pendahuluan: pengantar pada awal buku berisi tujuan yang diharapkan, yaitu tercapainya kompetensi,
2)      Rujukan: teks, tabel, gambar mempunyai identitas berupa judul, dan rujukan.
3)      Rangkuman: rangkuman yang menyatakan dengan ringkas dan jelas.
4)      Pelatihan: latihan, kegiatan mandiri, dan evaluasi untuk pencapaian kompetensi sesuai dengan KI dan KD.


c)      Bagian penyudah
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, bagian penyudah terdiri atas:
Daftar pustaka: daftar buku yang digunakan sebagai bahan rujukan dalam penulisan buku tersebut diawali dengan nama pengarang (yang disusun secara alfabetis), tahun terbitan, judul buku, tempat, dan nama penerbit. Terdapat pada halaman 175-173.

3.      PENYAJIAN PEMBELAJARAN     
       Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, penyajian pembelajaran meliputi kriteria:
a)      Keterpusatan pada peserta didik
Di dalam materi sudah terpusat pada peserta didik yang membentuk kemandirian misalnya tugas mandiri dan juga membentuk jiwa peserta didik agar termotivasi agar sesuai dengan pencapaian KI dan KD.
b)     Merangsang metakognisi peserta didik
Penyajian materi dapat mengembangkan motivasi belajar siswa dan merangsang peserta didik untuk berpikir kreatif tentang apa, mengapa, dan bagaimana mempelajari materi pelajaran dengan rasa senang.
Misalnya materi tentang cara mengurus SIM dan pengurusan KTP (halaman 51).
c)      Merangsang daya imajinasi, kreasi, dan berpikir kritis peserta didik
Penyajian materi dapat merangsang daya imajinasi dan kreasi berpikir peserta didik melalui ilustrasi, analisis kasus, dan latihan.
Misalnya materi tentang memahami teks kesalapahaman (halaman 143)
      
4.      KOHERENSI DAN KERUNTUTAN ALUR PIKIR
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, koherensi dan keruntutan alur pikir meliputi kriteria:
a)       Ketertautan antar bab/subbab/alinea
Penyampaian pesan antara sub bab dengan bab lain/subbab dengan subbab/antaralinea dalam subbab yang berdekatan mencerminkan keruntutan dan keterkaitan isi.
b)      Keutuhan makna dalam bab/subbab/alinea
Pesan atau materi yang disajikan dalam satu bab/subbab/alinea sudah mencerminkan kesatuan tema. Contoh pada pelajaran 3 tentang ekonomi dan politik Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris (halaman 73), Integrasi Asean Dalam Plurilingualisme (halaman 82), Untung Rugi Perdagangan Bebas (halaman 87), dan Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi (halaman 92).


D.    KELAYAKAN BAHASA
1.      Lugas
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, sudah memenuhi kriteria lugas yaitu dalam hal:
a)      Ketepatan struktur kalimat
Dalam buku tersebut kalimat yang sudah memenuhi kriteria dari isi pesan atau informasi yang ingin disampaikan sudah mengikuti tata kalimat Bahasa Indonesia. Struktur kalimat yang digunakan sudah sesuai ketentuan, baik kata, kalimat maupun paragraf. Buku tersebut sudah memenuhi struktur kalimat yang baik dan benar.
b)     Keefektifan kalimat
Kalimat yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca, dan kalimatnya langsung pada sasaran apa yang dituju.
c)      Kebakuan istilah
Istilah yang digunakan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Istilah asing dicetak miring atau dalam tanda kutip.
-          Anarkitis (halaman 70)
-          Seonggok (halaman 71)
-          Consuming class (halaman 73)
-          Side meeting (halaman 74)
-          Financial deeping (halaman 74)
-          Metabolik (halaman 80)

2.      Komunikatif
Keterbacaan  Pesan
Pesan disajikan dengan bahasa yang menarik, tepat sasaran dan menggunakan kalimat efektif dan mendorong siswa membaca buku tersebut dengan tuntas. Buku tersebut sudah bersifat komunikatif dalam bahasayang menarik dan penggunaan kalimat yang efektifini membuat siswa lebih memotivasi diri untuk membaca buku tersebut.
3.      Dialogis Dan Interaktif
1.      Kemampuan Memotivasi Peserta
Buku tersebut sudah memotivasi peserta didik yang akan membacanya seperti bahasa yang mudah dipahami dan menggunakan kalimat efektif. Mendorong mereka untuk mempelajari buku tersebut secara tuntas.
2.      Mendorong Berpikir Kritis
Buku tersebut sudah mendorong dan merangsang peserta didik yang membacanya untuk berpikir lebih kritis seperti mengajak siswa untuk lebih mempertanyakan sesuatu hal dan mencari jawabanya secara mandiri dari buku teks atau sumber informasi lainnya.
4.      Kesesuaian Dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik.
a.      Kesesuaian Dengan Tingkat Perkembangan Intelektual Peserta Didik.
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X bahasa yang digunakan untuk menjelaskan konsep atau ilustrasi. Pola berpikir sistematis mampu membuat siswa berpikir lebih komplek yang secara imajinatif dapat dibayangkan oleh peserta didik.
b.      Kesesuaian Dengan Tingkat Perkembanga Sosial Emosional Peserta Didik
Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan kematangan peserta didik baik kematangan sosial dengan ilustrasi yang menggambarkan konsep-konsep mulai dari lingkungan terdekat (lokal) sampai dengan lingkungan global.
3.      Kesesuaian Dengan Kaidah Bahasa Indonesia
a.      Ketepatan Bahasa
Kata dan kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan mengacu pada kaidah bahasa indonesia. Ketepatan bahasa pada ejaan yang digunakan paga ejaan yang disempurnakan. Penggunaan istilah yang menggambarkan konsep, prinsip, asas atau sejenisnya tepat makna dan konsisten.
b.      Ketepatan Ejaan
Ejaan yang digunakan pada buku tersebut sudah mengacu pada pedoman EYD (ejaan yang disempurnakan) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia misalnya kata kata yang sulit dan catatan yang berisi daftar kata yang sulit dimengerti peserta duduk dengan mencantumkan maknanya
c.       Penggunaan Istilah, Simbol Atau Ikon
Konsistensi Penggunaan Istilah, Simbol Atau Ikon.
Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X penggunaan istilah yang menggambarkan suatu konsep sudah konsisten antar-bagian dalam buku. Istilah yang baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).



D. KELAYAKAN KEGRAFIKAAN
1. UKURAN BUKU
ØKesesuaian ukuran buku dengan standar ISO
            Ukuran buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini adalah menggunakan ukuran kertas B5 (176 x 250 mm).

2. DESAIN KULIT BUKU    
a.      Penampilan unsur tata letak pada kulit muka, belakang dan punggung secara harmonis memiliki irama dan kesatuan serta konsiten
     Desain kulit muka, punggung dan belakang dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X sudah termasuk dalam suatu kesatuan yang utuh. Elemen warna, ilustrasi, dan tipografi sudah ditampilkan secara harmonis dan saling terkait satu dan lainnya.
b.      Menampilkan pusat pandang (center point) yang baik
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X sudah menampilkan pusat pandang yang baik yaitu sebagai daya tarik awal dari buku sudah memperjelas tampilan teks maupun ilustrasi dan elemen dekoratif lainnya.
c.       Komposisi dan ukuran unsur tata letak (judul, pengarang,  ilustrasi, logo, dll.), proposional, seimbang dan seirama dengan tata letak isi (sesuai pola)
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, keseimbangan unsur tata letak (judul, pengarang, ilustrasi, logo, dll.) dan ukuran unsur tata letak (tipografi, ilustrasi dan unsur pendukung lainnya) sudah proporsional dengan ukuran buku.
d.      Warna unsur tata letak harmonis dan memperjelas fungsi
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini, buku tersebut sudah memperhatikan tampilan warna secara keseluruhan yang dapat memberikan nuansa lembut dan dapat memperjelas materi/isi buku.
e.       Menempatkan unsur tata letak konsisten dalam satu seri
Tidak ada perbedaan antara penampilan desain kulit buku (tipografi, pola dan irama) dalam satu serial buku ini. Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X ini terdiri atas tiga seri, yaitu kelas X, XI, dan XII.

ØTipografi Kulit Buku    
a)      Huruf yang digunakan menarik dan mudah dibaca
Ukuran huruf judul buku lebih dominan dan proporsional dibandingkan (ukuran buku, nama pengarang dan penerbit)
Judul buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X sudah  dapat memberikan informasi secara cepat tentang materi isi buku berdasarkan bidang studi tertentu, dalam hal ini adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Warna judul buku kontras dengan warna latar belakang
Judul buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini sudah ditampilkan lebih menonjol daripada warna latar belakangnya.

b)     Huruf yang sederhana (komunikatif)
1.         Tidak menggunakan terlalu banyak kombinasi jenis huruf
            Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini menggunakan beberapa jenis huruf agar lebih komunikatif dalam menyampaikan informasi yang disampaikan. Untuk membedakan dan mendapatkan kombinasi tampilan huruf buku ini sudah menggunakan variasi dan beberapa seri huruf.
       2.        Tidak menggunakan huruf hias dan jenis huruf sesuai dengan huruf isi buku
   Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X agar tidakmengurangi tingkat keterbacaan dan kejelasan dari informasi yang disampaikan, sudah menggunakan jenis huruf yang sesuai dengan jenis huruf untuk isi buku.

ØIlustrasi Kulit Buku
1.    Menggambarkan isi/materi ajar dan mengungkapkan karakter obyek
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini, pembacadapat dengan cepat memberikan gambaran tentang materi ajar tertentu dan secara visual dapat mengungkap jenis ilustrasi yang ditampilkan berdasarkan materi ajarnya, ilustrasi kulit buku ini adalah gambar orang sedang menulis, bertelepon, dan gambar buku sesuai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.
2.    Bentuk, warna, ukuran, proporsi obyek sesuai realita
     Dalam buku, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X objek ditampilkan sesuai dengan bentuk, warna dan ukuran obyeknya sehingga tidak menimbulkan salah penafsiran maupun pengertian peserta didik, tetapi kekurangannya dalam buku yang saya telaah ini warna yang digunakan dalam ilustrasi cover tidak berwarna sesuai aslinya.

3.  DESAIN ISI BUKU
ØTata Letak Isi    
a.    Tata Letak Konsisten
1.         Penempatan unsur tata letak konsisten berdasarkan pola
-       Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X penempatan unsur tata letak (judul, subjudul, kata pengantar, daftar isi, ilustrasi dll.) pada setiap awal bab sudah konsisten.
-       Penempatan unsur tata letak pada setiap halaman dalam buku ini sudah mengikuti pola dan tata letak yang telah ditetapkan.
2.         Pemisahan antar paragraf jelas
                     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X susunan teks pada akhir paragraf terpisah dengan jelas, berupa jarak (pada susunan teks rata kiri-kanan/blok) atau pun dengan inden (pada susunan teks dengan alenia).
 
b.   Unsur Tata Letak Harmonis
1.        Bidang cetak dan marjin proporsional
            Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, penempatan unsur tata letak (judul, subjudul, teks, ilustrasi, keterangan gambar, nomor halaman) sudah dicetak secara proporsional.
2.        Marjin dua halaman yang berdampingan proporsional
                               Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X susunan tata letak halaman genap dan halaman ganjil di sebelahnya sudah mengacu pada prinsip dua halaman terbuka (center spread) dan berdampingan secara proporsional.

c.    Unsur Tata Letak Lengkap
1.         Judul bab, subjudul bab, dan angka halaman
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini:
-            Judul bab ditulis secara lengkap disertai dengan angka bab (Bab I, Bab II dst).
-            Penulisan sub judul dan sub-sub judul sudah disesuaikan dengan hierarki penyajian materi ajar.
-            Penempatan nomor halaman sudah disesuaikan dengan pola tata letak yaitu di pojok atas.

2.         Ilustrasi dan keterangan gambar (caption)
     Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini:
-            Mampu memperjelas penyajian materi baik dalam bentuk, ukuran yang proporsional, tetapi kelemahannya buku ini tidak menggunakan warna yang menarik sesuai obyek aslinya.
-            Keterangan gambar/legenda ditempatkan berdekatan dengan ilustrasi dengan ukuran lebih kecil daripada huruf teks.
 
d.   Tata Letak Mempercepat Pemahaman
       1.        Penempatan hiasan/ilustrasi sebagai latar belakang tidak mengganggu judul, teks, angka halaman
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah ini, dalam menempatkan hiasan/ilustrasi pada halaman sebagai latar belakang tidak mengganggu kejelasan dan penyampaian informasi pada teks, sehingga tidak menghambat pemahaman peserta didik.
       2.        Penempatan judul, subjudul, ilustrasi dan keterangan gambar tidak menggangu pemahaman
                               Judul, sub judul, ilustrasi dan keterangan gambar dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X sudah ditempatkan sesuai dengan pola yang telah ditetapkan sehingga tidak menimbulkan salah interpretasi terhadap materi yang disampaikan.

ØTipografi isi buku
1.         Tidak menggunakan terlalu banyak jenis huruf
Dalam Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X ini menggunakan beberapa jenis huruf (tidak terlalu banyak jenis huruf), sehingga tidak mengganggu peserta didik dalam menyerap informasi yang disampaikan. Untuk membedakan unsur teks buku ini mempergunakan variasi dan seri huruf.
2.         Tidak menggunakan jenis huruf hias/dekoratif
            Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah initidak menggunakan jenis huruf hias atau dekoratif, karena jika menggunakan huruf tersebut mungkin akan mengurangi tingkat keterbacaan susunan teks.
3.        Penggunaan variasi huruf (bold, italic, all capital, small capital) tidak berlebihan
            Variasi huruf dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X digunakan untuk membedakan jenjang/hirarki judul, dan subjudul serta memberikan tekanan pada susunan teks yang dianggap penting dalam bentuk tebal dan miring.

4.      Jenjang/hierarki judul-judul jelas, konsisten dan proporsional
            Dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
-       Menunjukkan urutan/hierarki susunan teks secara berjenjang sehingga mudah dipahami. Hierarki susunan teks dapat dibuat dengan perbedaan jenis huruf, ukuran huruf dan varisasi huruf (bold, italic, all capital, small capital).
-       Hierarki judul sudah ditampilkan secara proporsional, tidak menggunakan perbedaan ukuran huruf yang terlalu mencolok.
ØIlustrasi Isi
     Dalam buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang saya telaah, ilustrasi isi sudah memenuhi kriteria:
1.         Mampu mengungkap makna/arti dari objek
            Berfungsi untuk memperjelas materi/teks sehingga mampu menambah pemahaman dan pengertian perserta didik pada informasi yang disampaikan. 
2.         Bentuk akurat dan proporsional sesuai dengan kenyataan
-       Bentuk dan ukuran ilustrasi sudah tepat dan secara rinci dapat memberikan gambaran yang akurat tentang objek yang dimaksud. Misalnya ilustrasi suasana stasiun pada puisi Stasiun Tugu karya Taufiq Ismail (halaman104).
-       Bentuk ilustrasi sudah proporsional sehingga tidak menimbulkan salah tafsir perserta didik pada objek yang sesungguhnya. Misalnya ilustrasi gempa Yogja digambarkan dengan ilustrasi reruntuhan bangunan (halaman 42).
3.      Ilustrasi isi menimbulkan daya tarik
       Keseluruhan ilustrasi dalam buku ini sudah ditampilkan secara serasi dengan unsur materi/isi buku (judul, subjudul, teks, keterangan gambar) pada seluruh halaman sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi peserta didik.


BAB IV
PENUTUP
Simpulan
Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X yang sudah saya telah sudah sesuai dengan empat aspek kebahasaan yaitu menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara. Dan kelayakan isinya sudah sesuai dengan KI dan KD, kemuktahiran dalam contoh teks menjadikan siswa lebih termotivasi dan keakuratan sudah sesuai. Dan bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan EYD. Penyajiannya dalam materi sudah runtut dan sistematik. namun mungkin ada yang  kurang sesuai yaitu sampul yang tampak biasa saja.



DAFTAR PUSTAKA

Cahaya Laelia. 2013. Pengertian Buku Teks Menurut Para Ahli Http://Zeelaeli.Blogspot.Co.Id/2013/03/Pengertian-Buku-Teks-Menurut-Beberapa.Html

Sri Maryani.  2010. Makalah Analisis Dan Telaah Buku Teks Tingkat Sma/Ma Kelas Xi Yang Ditulis Oleh Euis Sulastri, Dkk. Http://Almuqontirin.Blogspot.Co.Id/2013/04/Makalah-Telaah-Buku-Teks.Html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERPEN LAMPU TIDUR PUTRI CINTA

Telaah Buku Teks SMA